Kemampuan Analisa Yang Baik Mesin Kecerdasan Thinking

Tidak semua orang dibekali kemampuan analisa yang baik, kawan. Tapi engkau memilikinya. Allah telah menganugerahkan kemampuan analisa yang hebat padamu. Lalu mengapa engkau selalu berpikir bahwa engkau tidak bisa? Cobalah kawan, kenali dirimu, kenali cara berpikirmu. Engkau pasti bisa menganalisa apa yang kau hadapi, dan menemukan solusinya.

Allah tidak memberikan engkau suatu masalah, tanpa solusinya. Maka ketika kau sedang menganalisa, sebenarnya adalah sebuah perjalanan menemukan cintaNya. Nikmatilah.

Ingatlah ketika Umar r.a. pandai memahami situasi sekitarnya, menganalisanya, lalu ia munculkan solusi-solusi maslahat yang membuat semua pihak senang, merasa mendapat keadilan. Allah telah menciptakan dirimu sebagai pemikir sejati. Sudah sepantasnya kemampuan berpikirmu itu engkau gunakan untuk memikirkan umat. Mencari formula-formula jitu untuk menata kehidupan umat. Engkau mampu menilai mana yang baik dan perlu dipertahankan atau dimaksimalkan, dan mana yang buruk dan perlu kau singkirkan.

Perjalankanlah kemampuan analisa yang baik mu di atas lembar-lembar Al-Qur’an, kawan. Tafakuri apa yang disampaikan di setiap ayat dan kata. Nikmati tafsir-tafsirnya. Lalu cobalah pikirkan, dalam hal-hal apa saja dalam kehidupan, ayat-ayat itu dapat diterapkan? Atau pergilah ke alam, ke gunung, ke laut, ke hutan, ke manapun. Tafakurilah apa yang kau lihat. Apa yang kau dapatkan? Banyak orang yang menunggu hasil pemikiranmu, wahai Thinking.

Apa lagi yang membuatmu bingung?

Mintalah pada Allah, “Ya Allah, Engkau telah menjadikanku seorang Thinking, tunjukkanlah kemampuan analisaku untuk menghadapi ini ya Allah. Jernihkan pikiranku, tenangkan jiwaku dengan kepala dinginku, lalu tampakkan padaku mana cara yang perlu aku tempuh. Temani aku dalam menggunakan kemampuanku ini Ya Allah”

Aku percaya padamu kawan, layaknya Allah telah mempercayakan amanahnya padamu dalam hal menganalisa. Untuk membetulkan hal yang salah. Untuk menata kehidupan umat. Untuk mengatur umat dengan aturan-aturanNya Allah. Dipundakmulah dibebankan tegaknya aturan aturan Allah di muka bumi.

By : Monde Abu Faatih

Share this post

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    scroll to top
    ×

    Assalammualaikum.

    Silahkan Chat Kami Via WhatsApp

    ×