Home Profesi Tipe Bos dan Cara Menghadapi Bos Sesuai MK

Tipe Bos dan Cara Menghadapi Bos Sesuai MK

by stifinbrain
Tipe Bos dan Cara Menghadapinya Sesuai Dengan Mesin Kecerdasannya
Sensing

Orientasi Sensing adalah pada TUGAS dan HASIL

Maka…
Pastikan anda mengerjakan tugas dengan baik, cepat dan tuntas. Berikan BUKTI HASIL KERJA yang SESUAI dengan TUGAS yang diberikan. Sebaiknya jangan terlalu banyak berimprovisasi atau terlalu banyak alasan ga penting…

Jangan banyak janji-janji surga…
Apalagi membawa nama-nama pihak lain yang ga ada hubungannya dengan tugas yang diberikan.

Kalau ada kesalahan atau meleset dari perkiraan. Segera KONFIRMASI. Minta maaf dan sampaikan solusi yang akan dilakukan…

Ketepatan waktu, kesesuaian antara omongan dan perbuatan menjadi faktor penting kalau mau disayang oleh Tipe Boss atau partner Tipe Sensing..

Lebih mengutamakan kecepatan dan ketepatan tugas dibanding kualitas. Jadi ga usah kelamaan dalam mengerjakan tugas yang diberikan…

Jangan coba-coba membohongi, menyalahi janji, atau mangkir. DISIPLIN dan INTEGRITAS menjadi faktor utama. Mungkin dia ga akan langsung marah. Tapi hati-hati langsung DICATAT dalam BlackList nya.

Thinking

Orientasi THINKING adalah pada TUGAS dan PROSES. Maka, pastikan anda mengerjakan TUGAS dengan baik. Dengan CARA atau PROSES yang sesuai dengan PROSEDUR STANDAR nya.

Meskipun hasilnya baik. Kalau CARA nya ga sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh tipe bos atau partner Thinking. biasanya akan ada “kekecewaan” karena seolah kita tak MENURUTI perintahnya. Akan dianggap “tidak taat aturan”

Partner Thinking cenderung berfikir SISTEMATIS. Pastikan segala sesuatunya sesuai dengan Sistem yang telah ditetapkan. Jangan terlalu “baper” dengan komentar pedasnya. Karena kecenderungan berfikirnya MENGANALISA. Mencari kesalahan.

Kalau kita sudah merasa melakukan yang terbaik, ga usah sensi kalo masih ada kritikan dan ketemu aja hal yang salahnya. Ingat bahwa cara pandangnya OBJEKTIF. Biasanya kritikannya ga ada hubungannya dengan personal.

Anggap aja bahwa kritikannya itu menyempurnakan karya kita. Tipe Thinking suka BERFIKIR yang berat dan rumit. Maka akan cenderung menyukai partner atau staf yang PINTAR, FOKUS dan berwawasan luas. Tapi nurut dan mudah diatur.

Usahakan cepat tanggap dan cepat memahami maksud dari ucapannya. Karena cenderungnya dia ga banyak bicara. Jangan minta dia mengulangi perintah yang sama. Yang ada nanti dia akan bikin kita dalam masalah karena ga sabar dengan ke telmi an kita. Atau siap-siap aja dapat komentar pedes level sepuluh.

Punya boss atau partner PINTAR. Ambil ilmunya. Ikuti sepak terjangnya. InshaaAllah dapat banyak ilmu dan strategi yang ga biasa. Berikan rekognisi dan penghormatan resmi padanya. Maka dia akan menjadi boss atau partner yang selalu menjaga kita dengan tanggung jawabnya.

Baca Juga :

Intuiting

Tipe bos Intuiting fokus pada PROSES yang FAVORABLE. Cenderung MENIKMATI PROSES. Maka.. Kalo anda jadi partner atau anak buahnya. BERSABAR lah. Kemungkinan akan memakan waktu cukup lama baginya dalam membuat keputusan.

Cara berfikir alternatifnya akan membuahkan berbagai ide dan pilihan solusi. Sehingga pada akhirnya kesulitan memilih satu yang akan diputuskan sebagai Hasil. Kalau waktunya memang cukup banyak. Berikan mereka ruang dan kebebasan untuk menentukan pilihan.

InshaaAllah pilihannya akan baik secara KUALITAS. Karena cara berfikir Intuiting yang mengutamakan quality dibanding quantity atau speed.

Selain bersabar tentang waktu, anda juga perlu bersabar menghadapi PERUBAHAN yang dilakukannya. Cara berfikir yang dinamis dan inovatif, membuatnya tak mudah puas dengan yang ada saat ini.

Cenderung selalu ingin MENGUBAH yang ada menjadi lebih unik, lebih baik, lebih baru. Meski terkadang agak ANEH. Yaaa. Memang tipe intuiting ini makhluk unik hehehe. Namun demikian. Tipe Boss atau partner Intuiting menyenangkan untuk diajak kerja sama yang berhubungan dengan dunia kreatif. Ada saja ide-ide liar yang tak terfikir oleh kita.

Kalau anda mau maju, dekat-dekatlah dengan mereka. Serap idenya. Dan berkontribusilah bersamanya menjadikannya karya nyata.

Boss atau partner intuiting akan asik banget kalo diajak ngomongin masa depan, futuristik, dunia hayal dan film-film animasi. Maka, kalau presentasi dihadapannya. Usahakan anda pakai media tercanggih dan bawa dia kepada dunia masa depan yang penuh harapan. InshaaAllah usulan anda akan diterima dan anda kan menjadi orang kepercayaannya.

Meski dia tak suka bicara tentang hal pribadi. Meski dia tak terlalu gemar curhat urusan personal. Tapi jangan kaget kalau tiba-tiba ada kejutan spesial bernuansa romantis yang dia berikan untuk anda.

Jadilah staf atau partner yang energik, produktif dan BERKELAS baginya. Sehingga dia bangga mengajak anda ke dunianya.

Feeling

Tipe bos Feeling fokusnya pada HASIL yang FAVORABLE. Senang dengan hasil yang mudah dan cepat. Cenderung senang dengan hasil yang INSTANT.

Cara berfikirnya yang easy going, ga suka ribet mikir, cenderung SANTAI. Membuatnya gak terlalu suka berfikir yang rumit dan berat. Kurang sabar dalam menghadapi proses yang panjang dan membutuhkan pemikiran.

Maka, Anda cukup menghadapinya dengan santai juga. Jangan terlalu membebani pikirannya dengan hal-hal yang kompleks dan teknis.

Pastikan saja HASIL kerjanya BAIK dan MENYENANGKAN. Jangan lupa. Laporkan juga dengan cara yang Menyenangkan dan menenangkan.

Kehebatannya dalam hal LEADERSHIP. Membangkitkan semangat partner atau stafnya dengan memberikan motivasi yang berapi-api dengan kalimat-kalimat yang menyentuh hati. Sehingga membuat anda dan teamnya TERGERAK mengikuti arahannya.

Kepekaan dan kelembutan hatinya membuat dia mudah tersentuh dan ga tegaan. Maka biasakan untuk lebih sensitif mengenai perasaannya. Lebih peduli dengan kebutuhan-kebutuhannya, dan lebih peka dengan urusan pribadinya.

Kehebatannya dalam bicara yang bisa menggerakkan hati. Membuatnya cenderung suka ngobrol, tampaknya lebih banyak ngomong dibanding kerja. Maka sebagai staf atau partner, sebaiknya anda cekatan dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama team yang telah digerakkannya.

Nyalinya yang tinggi. Tampak pemberani dalam mengambil keputusan, bahkan terkadang cenderung nekad dan kurang perhitungan. Memerlukan kehadiran partner dan team yang bisa mengikuti ritme keberaniannya.

Bila anda tak sepaham dengannya. Pastikan anda menyampaikannya dengan kata-kata yang baik. Tak lupa untuk mengapresiasi keberaniannya meski anda tak mampu melakukannya.

Dengan demikian. Ketika anda memahami dirinya dengan tulus. Maka kehadiran anda begitu berarti untuknya. Cintanya akan tertumpah pada anda. Sehingga anda akan mendapatkan banyak kemudahan dengan memenangkan hatinya.

Tipe Bos Insting

Fokusnya SPONTAN dan FLEKSIBEL. Dengan spontanitasnya, maka dia ga suka yang mikirnya kelamaan. Gak suka juga dengan yang kelamaan geraknya. Maunya serba CEPAT.

Kalo bicara dengannya. Gunakan kata-kata yang LANGSUNG pada sasaran.
To The Point. Bila anda bicara muter-muter kesana kemari, jangan sakit hati kalo tiba-tiba dia sudah menghilang dari hadapan anda.

Maka anda sebaiknya menyesuaikan SPEED dengannya. Kalau ada kerjaan sebaiknya segera dilakukan biar ga menimbulkan konflik. Atau keburu dianya yang pergi sendiri melakukannya.

Tipe insting cenderung FLEKSIBEL dengan perubahan. Gak terlalu ribet dengan banyak persiapan. Rencana yang udah dibuat masak-masak bisa-bisa berubah di detik terakhir dengan spontanitas dan fleksibilitasnya.

Maka sebagai staf atau partner, sebaiknya anda berusaha untuk menyesuaikan dengan berbagai dinamika perubahan yang bisa terjadi setiap saat.

Insting itu tipe yang RELA BERKORBAN. Maka jangan heran bila tiba-tiba pekerjaan, tender, bahkan hasil kerjanya diberikan pada orang lain ketika tersentuh sisi kemanusiaannya. Bahkan anda bisa juga ditawarkannya untuk membantu orang lain yang mungkin ga anda kenal

Itulah insting dengan altruist quotientnya. Tapi kalo kedamaiannya terganggu. Bersiap-siaplah menghadapi KEBUASAN nya. Dia bisa tiba-tiba MARAH tak terkendali. Di luar dugaan anda tingkat kemarahannya.

Jangan panik. Tipe insting mudah On Off. Kalo dia sedang marah. Sebaiknya beri saja dia ruang sebagaimana dahsyatnya tsunami. Setelah mengalir, dia kan mereda. Tunggu saja masa redanya. Ga usah terlalu Baper menghadapi kemarahannya. InshaaAllah habis marah terbitlah damai.

Sentuhlah sisi religiusnya. Ingatkan pada kehebatan Sang Pencipta dan betapa besar kasih sayangNya. Berikan kata-kata lembut. Perdengarkan murotal. Biasanya dia kan kembali menjadi pribadi yang tenang dan menyejukkan. Berikan damainya. Dapatkan kemurahan hatinya.

Artikel Terkait

Tinggalkan Jejak

Share Aja Ya, Gak Usah Di Copas.