HomeTelaahCara mensyukuri potensi genetik anda

Cara mensyukuri potensi genetik anda

Cara mensyukuri potensi genetik anda

Cara mensyukuri potensi genetik adalah menselaraskan pengalaman hidup anda dengan potensi genetik yang anda miliki. Pengalaman empiris setiap orang berbeda-beda. Beda orang beda pengalaman. Hal ini yang menyebabkan setiap manusia menjadi unik karena ditempa pengalaman yang berbeda.

Beberapa kasus didapati manusia kemudian merujuk kepada pengalaman hidupnya yang telah tertancap kuat dalam dirinya. Sayangnya akumulasi pengalaman tersebut justru menyesatkannya. Mereka genetiknya pengusaha namun akumulasi pengalamannya menjadi pegawai. Atau mereka sebenarnya orang eksak namun telah lama terjun di bidang sosial. Bagaimana jika begitu? ‘Tuan rumah’ mengikuti ‘tamunya’. Bagi mereka ini, lanjut atau putar haluan?

Selalu ada kebaikan pada diri manusia

Mereka yang lanjut meneruskan hidupnya sesuai dengan pengalaman empirisnya dan merasa berhasil hingga akhir hayatnya telah diberi keSABARan yang luar biasa.

Bagi yang putar haluan dan kembali menemukan potensi diri yang sesungguhnya memang akan memulai dari nol. Namun ia terperangah, “hallo….kemana aja gue selama ini…kasihan deh gue”. Jika ia tobat profesi dan menjalani hidup barunya maka ia telah kembali ke jalur berSYUKUR.

Berdasar hikmah kehidupan, bersyukur setingkat lebih tinggi dari bersabar. Memanfaatkan kelebihan yang diberi Tuhan untuk dirinya akan terhindar dari kedzaliman.

Termasuk kedzaliman seseorang yang mengingkari kesejatian genetiknya dan menggunakan hasil tempaan diri yang telah menyesatkan arah hidupnya selama ini. Mudah-mudahan ia terus sabar dan dapat menikmati hidupnya jika terus berada disitu.

Keberkahan hidup itu adalah keselarasan antara kesejatian dan pengalaman empirisnya. Penggemblengan sesuai bakat merupakan cara mensyukuri potensi genetik anda.

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Baca Juga :

Beri Ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru