Home Telaah Gerakan Sosial Keagamaan Di Indonesia

Gerakan Sosial Keagamaan Di Indonesia

by stifinbrain
Gerakan sosial keagamaan di indonesia

Gerakan Sosial Keagamaan Di Indonesia

Kekayaan intelektual masyarakat kita sungguh mengagumkan. Telah banyak lahir jenius-jenius lokal seperti sistem irigasi ‘Subak’ Bali. Telah banyak lahir gerakan-gerakan sosial keagamaan di Indonesia, seperti gerakan ‘Tangan di Atas’. Perusahaan kami Kubik Leadership juga telah menginisiasi gerakan SuksesMulia. Telah lahir gerakan-gerakan yang lebih bernuansa agama seperti gerakan sedekah, ‘one day one juz’, Rumah Quran STIFIn, ‘Pola Pertolongan Allah’, gerakan 10%, dll.

Baca Juga : Syaakilah dan Makanats

Telah lahir gagasan-gagasan mulai dari gagasan besar seperti ‘NKRI harga mati’ hingga gagasan sederhana yang motivasinya didasari “jangan cuma pidato” dan berbuatlah sesuatu yang konkrit seperti ‘gerakan nasi bungkus’. Yayasan STIFIn juga menjalankan ‘bacang berkah gratis’ setiap habis subuh yang sudah berlangsung lebih 3 tahun. Dan buanyak sekali aneka kekayaan intelektual dan kekayaan hati dalam bentuk gerakan sosial keagamaan yang telah hadir di Indonesia. Kontribusinya yang begitu nyata dalam merekatkan elemen-elemen kemasyarakatan.

Dimanakah Jenius Besar ?

Masih ada PR besar yang diperlukan Indonesia agar terwujud menjadi bangsa gemah ripah loh jinawi. Bangsa yang mengambil giliran menjadi adi kuasa baru dengan peradaban ‘jenius besar’ yang mampu mengkapitalisasi semua potensi masyarakatnya lapis demi lapis. Dimanakah jenius besar ini? Agar Indonesia menjadi mainstream baru dalam jagad dunia.

Baca Juga : Syarat menjadi pakar di jalur hidayah

Apakah Pancasila sudah merupakan jenius besar? Sudah 72 tahun kita di-Pancasila-kan. Mau menunggu berapa tahun lagi agar Indonesia cetar membahana. Betulkah setelah masyarakat Indonesia ter-Pancasila-kan akan sampai juga kita disana? Saat dimana Pancasila sudah menjadi operasional dan hidup di setiap sendi kehidupan. Cukupkah dengan Pancasila atau diperlukan jenius besar lainnya yang mampu mengoperasionalkan Pancasila?? Ini PR kita bersama.

Sebagai clue-nya, bahwa Indonesia adalah kawasan cincin api yang melahirkan manusia dan peradaban api. Genetiknya adalah Feeling. Kebangkitan jiwa (qalbu) harus berada di depan kebangkitan akal.

Menemukan jenius besar untuk Indonesia merupakan panggilan wajib kifayah.

Farid Poniman
Penemu STIFIn

 

Artikel Terkait

Tinggalkan Jejak

Share Aja Ya, Gak Usah Di Copas.