Home Telaah Wanita Karir Indonesia Perlu Di Apresiasi

Wanita Karir Indonesia Perlu Di Apresiasi

by stifinbrain
Wanita Karir Indonesia Perlu Di Apresiasi

Wanita Karir

Keterwakilan wanita di parlemen sebanyak 30% belum pernah terpenuhi. Angka birokrat wanita posisi staf sebesar 37% semakin menurun di eselon 1 tinggal 21%. DPRD Kota/Kab sebesar 13,5%, DPR Propinsi sebanyak 16,4%, DPD RI ada 24%, DPR RI terwakili di angka 18%. Berarti jumlah wanita pada posisi pengambilan keputusan publik sangat sedikit dibanding pria.

Riset Grant Thornton menyebut persentase wanita sebagai eksekutif puncak meningkat menjadi 28% di tahun 2017. Artinya di sektor swasta semakin banyak wanita mengisi posisi eksekutif puncak.

Baca Juga : Jangan menantang kodrat 

Angka-angka di atas dalam kisaran 20% hingga 30% merupakan gambaran jumlah wanita karir di Indonesia. Inilah manusia hebat yang sangat layak diapresiasi oleh kaum pria. Mereka sibuk berkarir, juga tidak ketinggalan harus menjadi istri yang baik, dan harus mengurus anak-anak untuk segala keperluannya. Bagaimana tidak hebat, tiga peran (karir, pasutri, dan parenting) dilakukan sekaligus. Terbuat dari apa “makhluk wanita” ini sehingga bisa melakukan semua itu?

Susunan sel-sel otaknya lebih padat, sehingga mampu melakukan berbagai pekerjaan dalam sekali waktu. Sistem pembersihan darah kotor membuat wanita lebih panjang umur. Fakta akurat yang terjadi hampir di semua negara. Bahkan riset terbaru kromosom xx lebih memiliki daya tahan sehingga jumlah wanita akan menjadi lebih banyak. Juga menjadi alasan untuk lebih panjang umur, dengan punya dua kromosom x, kaum hawa punya salinan ganda untuk setiap gen, yang berarti jika ada yang rusak, mereka masih punya satu cadangan.

Baca Juga : Menggabungkan akun rezeki pasutri

Kehebatan tersebut perlu diapresiasi lebih tinggi. Diberi kasih sayang berlebih. Setidaknya jangan membebani lagi dengan ‘demanding‘nya sang suami. Dimengerti oleh anak-anaknya. Sungguh, peran kedua terakhir ini yang lebih banyak menguras emosi wanita. Semoga mereka sanggup meneruskan peran hatriknya tersebut. Dan mudah-mudahan STIFIn bisa mempermudah para wanita menjalani peran hebatnya tersebut. Karena kalau mereka gagal, ongkos sosialnya menjadi jauh lebih mahal ■ 020618

Pertanyaan :

Apakah akun penghasilan istri sebaiknya digabung dengan suami atau akun penghasilan sendiri sendiri ?

Jawab :

Idealnya istri menjadi surirumah, dengan akun digabung ke suami. Faktanya, ada sekitar 30% wanita karir. Fakta ini tidak bisa diabaikan sesuai bahasan diatas. Yang tidak tertulis dalam bahasan tersebut, menjadi wanita karir sebenarnya berisiko besar, apalagi jika tidak dapat ridlo sang suami. Yang sudah terjadi di Jepang, pada akhirnya para wanita gagal menjalankan peran hattrik tersebut, sehingga yang terjadi di Jepang malah ingin mengembalikan wanita menjadi surirumah.

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Artikel Terkait

Tinggalkan Jejak

Share Aja Ya, Gak Usah Di Copas.