HomeTelaahMenata hidup dengan big picture

Menata hidup dengan big picture

Menata hidup dengan big picture

Bagaimana menata hidup dengan big Picture ? Tidak semua orang berhasil memotret gambaran besar tentang dirinya. Ada yang menakar dengan ‘baju yang kesempitan’ karena pesimis terhadap dirinya. Ada yang menakar dengan ‘baju yang kelonggaran’ karena terlalu optimis terhadap dirinya.

Namun malah kebanyakan manusia, justru tidak memikirkan ‘baju masa depannya’. Masyarakat yang ini menjalani hidup dengan cara mengalir saja. Sibuk dengan hari-harinya tanpa mampu atau tidak sempat membayangkan masa depannya. Bahkan ada bagian kecil dari masyarakat yang hanya untuk sekedar bermimpi tentang masa depannya saja merasa takut. Yang terakhir ini tentu saja sudah merupakan penyakit mental.

Baca Juga : 

Menetapkan God Call Anda

Menetapkan big picture sama dengan anda memilih kaliber. Di level mana anda akan menjalani kehidupan sehingga tergambar dengan gamblang masa depan anda. Apakah ini mengatur Tuhan? Mendikte Tuhan? Tidak sesungguhnya anda sedang mencoba mengkonkritkan apa maunya Tuhan terhadap anda. God Call anda.

Big picture akan menata hidup anda lebih tertib. Tanpa stupid cost. Tanpa, trial and error, dan kemubaziran. Menemukan jalan termudah, termurah, dan tercepat.

Justru akan menjadi risiko besar bagi yang tidak memiliki big picture karena akan :

  • Serampangan memilih kegiatan.
  • Tidak ada filter produktivitas.
  • Tidak tajam mengukur efektif dan efisien.
  • Gagap menentukan bagian mana yang harus di-scale up.
  • Menjalani hidup hari-hari yang membosankan karena tidak ada tantangan.
  • Seolah mendapat ketenangan padahal sesungguhnya ia sedang mandek, tidak berkembang.

Sebaliknya dengan memiliki big picture anda akan mendisain hidup anda dengan disain terbaik. Intens tapi exciting.

Mengoperasionalkan big picture tersebut hanya ada satu cara yaitu dengan menyusun Social Roles terbaik buat anda. Kefahaman tentang kekuatan genetik anda akan bermanfaat banyak dalam menata jalan hidup anda. Allah swt sebagaimana prasangka hambaNya. ■ 070618

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Beri Ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru