HomeTelaahIntensitas pemimpin bisnis dengan memilih satu program jitu

Intensitas pemimpin bisnis dengan memilih satu program jitu

Intensitas pemimpin bisnis dengan memilih satu program jitu

Menurut KBBI : Intensitas adalah keadaan, tingkatan, atau ukuran intensnya. Menurut Bruce Lee ia tidak takut dengan lawan yang punya 1000 jurus, tapi ia lebih takut terhadap lawan dengan 1 jurus yang dilatih 1000 kali. Inilah yang dimaksud dengan intensitas. Dalam istilah fisika intensitas adalah kekuatan daya per luas wilayah.

Seringkali seorang pemimpin atau pebisnis salah kaprah, dengan melakukan lebih banyak program yang melelahkan, menghabiskan waktu, terkadang sibuk for nothing,  padahal cukup hanya ada satu program jitu yang perlu diintensifkan. Alasan mereka :

  • itulah kemampuan saya, itulah bidang pendidikan saya. Atau,
  • saya senang melakukan program-program itu. Atau,
  • tim saya sudah terlanjur diset-up seperti itu. Atau,
  • sponsor dan pasar menghendaki seperti itu. Betulkah? Pasar yang mana? Popularitas atau elektabilitas? Pasar pemberi komen atau pasar yang membeli?

Baca Juga :

Program Yang Intensitasnya OK

Selalu ada 1-2 program jitu yang worth-it (must to do) dan program lainnya hanya pemanis saja (nice to do). Hukum Pareto berperan disini. Carilah program yang alokasi sumberdaya 20% tapi menghasilkan 80%, daripada kebanyakan program yang alokasi sumberdayanya 80% tapi hasilnya cuma 20%. Memilih 1-2 program jitu (must to do) ini adalah seni pikiran, yang menjadi kompetensi seorang pimpinan. 

Membangun Intensitas Pemimpin Bisnis secara pol-polan didedikasikan setelah program jitu tersebut dipilih. Membangun jalan tol bebas hambatan sudah pasti lebih susah daripada membangun jalan biasa. Namun memberi intensitas padanya akan dijamin keberhasilannya. Maka, konsolidasi sumberdaya, mencari teknologi atau platform terbaik, memilih stratak (strategi taktik) terbaik, mengeksekusi dengan cara terbaik, menaklukkan segala macam hambatan, mempersiapkan jurus-jurus pamungkas, dan galang lingkungan untuk kondusif. Itu semua adalah intensitas. Tuntas di program jitu tersebut. Menutup semua ruang sumber kegagalan. Yang ada hanya pilihan: berhasil atau sukses. Yang gagal melakukan intensitas sebagai pemimpin ini hanyalah pemimpin karbitan !! ■ 080518

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Beri Ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru