Home Telaah Mengatasi kepribadian ganda menurut STIFIn

Mengatasi kepribadian ganda menurut STIFIn

by stifinbrain

Bagaimana mengatasi kepribadian ganda ?. Di luar rumah dia punya sifat ‘tidak menghakimi’, di dalam rumah ia punya sifat ‘menghakimi’. Seperti memiliki dua kepribadian yang berbeda. 

Ternyata sebabnya karena ketika di dalam rumah ia mendapati lingkungan yang berbeda. Keberadaan sifat istrinya menstimuli kemunculan sifat ‘menghakimi’. Situasi itu berulang terus demikian. Hingga sekarang ia merasa terjadi split personality.

Baca Juga :

Mengatasi Kepribadian Ganda

Petakan dulu diantara keduanya mana sifat aslinya. Sifat yang bersumber dari genetiknya. Ternyata kedua sifat berasal dari genetik. Maka petakan strata genetiknya. Didapati bahwa sifat ‘tidak menghakimi’ datang dari jenis kecerdasannya, sedang sifat ‘menghakimi’ datang dari jenis darahnya. Meskipun keduanya genetik namun jenis kecerdasan menjadi sumber perilaku yang lebih tinggi stratanya.

Alhasil, setidaknya sekarang ia bisa memahami sifat aslinya yang lebih tulen. Kemudian ia mau tidak mau harus kembali ke sifat ‘tidak menghakimi’ sebagai yang lebih tulen. Meski istri menstimuli ke ‘menghakimi’ ia harus berupaya melawan untuk menjadi ‘tidak menghakimi’. Memang seperti terasa lelah secara batin.

Nah inilah yang disebut konsekuensi karena postur pasutri tertentu perlu ikhtiar tertentu agar terus samara.

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Related Articles

Leave a Comment

Share Aja Ya, Gak Usah Di Copas.