HomeTelaahKeselarasan Gerhana Bulan

Keselarasan Gerhana Bulan

Keselarasan Gerhana Bulan

Pada tanggal 31 Januari 2018 terjadi gerhana bulan yang sangat istimewa. Ummat Islam disunnahkan untuk melakukan shalat gerhana bulan. Shalat 2 rakaat dengan gerakan rukuk dua kali lipat dari biasanya. Artinya pada saat matahari, bulan, dan bumi segaris maka sangat dianjurkan memperbanyak rukuk dengan posisi kepala, badan, dan pinggul yang juga segaris. Allah menghendaki keselaraaan.

Gerhana Bulan

Peristiwa gerhana juga merupakan peringatan agar manusia kembali mengingat Allah yang Maha Kuasa membuat apa saja, termasuk membuat matahari, bulan, dan bumi segaris. Sebagai bukti ketundukan maka manusia diperintahkan untuk rukuk dengan posisi anggota badan segaris juga. Perintah untuk selaras.

Keselarasan adalah pesan penting yang seharusnya dijadikan filosofi. Anda bisa memilih keseimbangan YIN dan YANG. Jika dalam kondisi YIN harus diseimbangkan dengan YANG atau sebaliknya. Filosofi ini namanya keseimbangan. Keselarasan lebih diperlukan dibanding keseimbangan.

Analogi lain, kalau anda pandai pelajaran sejarah dan lemah pelajaran matematika, maka dalam filosofi keselarasan anda akan dianjurkan lebih mendalami ilmu sejarah. Sedangkan dalam filosofi keseimbangan anda justru perlu belajar ilmu matematika agar menutupi kekurangan anda.

Filosofi STIFIn adalah keselarasan. Jika anda hebat berbisnis maka belajarlah bisnis sejak dini. Justru anda harus selaras dengan kekuatan anda. Mengambil hikmah keselarasan gerhana bulan.

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Baca Juga :

Beri Ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru