Aturan dan Adab Menggunakan Brand STIFIn

Penggunaan Brand STIFIn pada setiap judul kegiatan seminar/workshop, buku, tema materi perlu di buat aturan dan adab yang baik, agar menjadi jalan berkah bagi pegiat STIFIn.

Mengenai hal ini, kita akan ulas melalui sebuah pertanyaan yang ada di group Alumni Workshop STIFIn Level 2. Seorang pegiat senior di STIFIn mempertanyakan terkait penggunaan nama STIFIn dalam flyer kegiatan Workshopnya.

Pertanyaannya :

Mohon penjelasan terkait  NLP. Karena NLP tidak equal dengan numberologi, graphologi dan seterusnya. Salah satu tema besar NLP adalah 72 jenis pola kalimat yang bahkan itu bisa diframing berdasarkan 5 Mesin Kecerdasan.

Haramkah saya menggunakan hal tersebut? Mohon dapat dijelaskan karena tertulis ini terkait dengan keberkahan Ilmu. Karena tema besar dalam ilmu NLP tersebut kami yakini berasal dari Nya. Ilmu STIFIn dan NLP telah menyatu dalam diri saya sebagai wujud syukur ilmu. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan. Mohon nasehat Bapak Farid Poniman.

Jawaban :

Salam Pak, Sederhana saja pak. Menggunakan nama STIFIn NLP atau NLP STIFIn itu haram. Tapi NLP Berbasiskan STIFIn itu sunnah. Grafologi Berbasis STIFIn mubah, Tipologi Berbasis STIFIn mubah, khusus untuk Numerologi Berbasis STIFIn haram, karena akan menjadi sumber fitnah bagi STIFIn.

Dijadikan sebagai pelengkap pun tidak apa-apa. Saya tidak dalam posisi ‘power syndrom’. Ini lebih kepada dudukan yang tepat: jangan STIFIn dijadikan merek dan disatukan dengan yang lain.

Namun saya memberikan kebebasan untuk di rujuk sebagai ilmu rujukan. Berbasis STIFIn itu artinya STIFIn dijadikan sebagai rujukan. Kurang bijak apa saya dalam memperbolehkan Berbasis STIFIn.

Selain itu Ayah Farid Poniman juga menjelaskan tentang penggunaan nama Genetik. Jika anda dalam materi seminar, judul workshop tersebut full menjelaskan dan merujuk Genetik yang berasal dari Konsep STIFIn, maka sebut sajalah Genetik STIFIn. Jangan dihilangkan kata STIFInnya. Tapi jika anda mampu menjelaskan Genetik lainnya yang berdasarkan hasil temuan anda sendiri, maka jangan gunakan nama Genetik STIFIn pakailah Genetik Bla bla bla.

Berikut kata ayah Farid Poniman :

Bagi siapapun teman- teman yang menggunakan brand/merek GENETIK atau GENETIC saya perlu memberi himbauan. Sebaiknya paparkan juga konsep-konsep genetik yang lain selain konsep genetik ala STIFIn supaya layak menyandang brand GENETIK. Jika anda dalam menjelaskan genetik tidak punya alternatif lain selain: 5MK 9PG, strata genetik ala STIFIn, DNA/RNA ala STIFIn, apakah punya adab jika anda membuang kata STIFIn dan menggantikannya dengan GENETIC? Saya hanya sekedar bertanya. Terima kasih.

Dari jawaban Pak Farid Poniman sebagai penemu Konsep STIFIn dan pemegang Brand STIFIn, maka dalam menggunakan nama brand STIFIn aturan dan adab yang dapat disimpulkan yaitu : 

Menggunakan nama Brand STIFIn sangat dibolehkan asal dituliskan sebagai Berbasis STIFIn, ketika Konsep STIFIn dijadikan Rujukan. Jika konsep lain yang dijadikan rujukan, maka jangan di gandeng dengan nama STIFIn. 

Jika nama brand STIFIn di gandengkan dengan brand lainnya maka ini tidak dibolehkan alias Haram. Seperti NLP STIFIn, STIFIn Tipologi, dan STIFIn lainnya. 

Penggunaan nama Genetik STIFIn jangan dihilangkan jika anda membahas konsep Genetik dari STIFIn, tidak ada alternatif Konsep Genetik lainnya. 

Semoga dengan aturan dan adab yang disampaikan ayah Farid Poniman di group WSL2 tersebut dapat menjadian ajuan baku bagi kita pegiat STIFIn dalam bijak menggunakan Brand STIFIn. 

Baca : Investasi cabang STIFIn 

Categories

tes-stifin