Kemampuan matematika siswa berdasarkan STIFIn

Telah terbit Jurnal tentang analisa kemampuan matematika siswa berdasarkan STIFIn. Dengan Judul : ANALYSIS OF STUDENTS’ MATHEMATICAL POWER IN TERMS OF STIFIN TEST. Di tulis oleh : Isna Rafianti, Heni Pujiastuti, ; Mathematics Education Sultan Ageng Tirtayasa University, Serang, Indonesia. Received: December 18, 2016; Accepted: January 2, 2017

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi siswa terutama dalam penguasaan matematika. Salah satu alasannya adalah bahwa pembelajaran cenderung berpusat pada guru yang menekankan proses prosedural, tugas mekanistik dan kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis. Dalam hal belajar, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan mereka untuk menyerap pelajaran yang diberikan. Namun, dalam dunia pendidikan saat ini sudah dikenal berbagai metode untuk memenuhi tuntutan perbedaan individu, salah satunya adalah STIFIn yaitu metode untuk menentukan dominasi kecerdasan mesin untuk membuat siswa lebih nyaman dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan daya matematis siswa.

Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis karakteristik daya matematis (kemampuan matematika) siswa ditinjau dari tes STIFIn. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Kota Serang, dengan subjek penelitian adalah lima siswa dari sebelas kelas yang berasal dari masing-masing jenis STIFIn kategori yang berbeda sesuai dengan STIFIn. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes daya matematis siswa dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya matematis (kemampuan matematika) tipe Thinking dan Sensing memiliki skor yang lebih tinggi daripada tipe lainnya, kemudian diikuti oleh tipe Feeling, Intuiting dan yang terakhir adalah tipe Instinct.

Kata Kunci: daya matematis, STIFIn

Baca juga : 

Categories

tes-stifin