HomeTelaahMatra Kecerdasan STIFIn Sebagai Indikator Pencapaian

Matra Kecerdasan STIFIn Sebagai Indikator Pencapaian

Matra Kecerdasan STIFIn 

Merupakan 4 level/anak tangga yang musti kita perjuangan untuk mencapai setiap levelnya. Berikut matra kecerdasan beserta indikator pencapaiannya.

Matra Personaliti – Temukan Aku

Jika anda sudah tahu sedalam-dalamnya tentang diri anda, sebagaimana penggiat STIFIn mengenali dirinya, itu berarti anda masih berada di matra pertama – personaliti.

Matra Mentalitas – Perhebatlah Aku

Menggembleng ‘aku’ yang sudah dikenali sedalam-dalamnya tersebut menjadi ‘aku yang hebat’. Memiliki sikap, karakter, kompetensi unggulan.

Matra Moralitas – Abaikan Aku, Pikirin Kita

Pada level ini persoalan ‘aku’ sudah selesai. Selalu berpihak bukan lagi pada kepentingan ‘aku’ melainkan kepentingan ‘kita’. Seorang negarawan akan terbebas dari kepentingan partisan, karena kepentingan bangsa dan negara lebih utama. Negarawan selayaknya outstandingnya di matra moralitas.

Matra Spiritualitas – Segalanya Demi Allah SWT

Matra tertinggi dimana segala laku hanya demi Tuhanku. Ini berada pada rentang yang paling luas. Mulai dari nawaitu basmalah hingga syukur hamdalah selalu ditingkahi dengan mengingat Allah

Matra-matra tersebut merupakan tangga-tangga tahapan. Teroris belum mendaki matra tangga demi tangga sudah langsung ke matra spiritual. Akhirnya memberi kerusakan dikedepankan dibanding berbagi rahmah. Padahal tentang aku dan kitanya belum khatam.

Menaiki tangga-tangga matra kecerdasan tersebut menjadi lebih mudah jika dituntun STIFIn

Farid Poniman
Penemu STIFIn

Baca Juga : 

SourceInstagram

Beri Ulasan

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru