Implementasi Metode STIFIn Tahfidz

Abstrak dari Jurnal Ilmiah Implementasi Metode STIFIn Tahfidz.

Al-Qur’an sebagai salah satu pedoman yang mewartakan prinsip dan doktrin ajaran Islam mempunyai apa yang disebut dengan kepastian teks (qat’i al-wurud). Dalam proses menjaga kepastian teks tersebut, terdapat peran serta manusia yang salah satu caranya dengan menghafalkan al-Qur’an.

Namun, menghafal al-Qur’an tidak semudah yang dibayangkan sebagaimana menghafal suatu lagu atau syair. Problem yang dihadapi oleh seseorang yang sedang menghafal al-Qur’an memang banyak dan bermacam-macam. Mulai dari faktor minat, bakat, lingkungan, waktu, sampai pada metode menghafal itu sendiri.

Metode STIFIn sebagai salah satu metode menghafal al-Qur’an dalam implementasinya menawarkan solusi menghafal cepat yang dilakukan mulai sebelum proses menghafal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasinya, dengan cara memetakan penghafal berbasis pada teori hereditas, sehingga berimplikasi pada rekayasa pembelajaran yang berbeda antar masing-masing potensi. Demikian pula dengan tes kemampuan hafalan guna mengetahui kekuatan dan kemampuan masing-masing dalam menghafal al-Qur’an.

Hal tersebut kemudian diikuti dengan klasifikasi penghafal al-Qur’an berdasarkan teori sirkulasi STIFIn ketika melaksanakan kegiatan setoran kepada pembina, sehingga dalam pelaksanaan metode STIFIn sangat membantu santri untuk bisa menghafal al-Qur’an dengan lebih mudah dan nyaman, karena menyesuaikan metode dengan potensi genetik masing-masing.

JURNAL ILMIAH:

IMPLEMENTASI METODE STIFIn dalam meningkatkan KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN di RUMAH QUR’AN STIFIn PAITON PROBOLINGGO

Penulis Akmal Mundiri & Irma Zahra (Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

Implementasi-STIFIn-Tahfidz

Sumber Jurnal

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top
×

Assalammualaikum.

Silahkan Chat Kami Via WhatsApp

×